Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Meyrasari, Fadhilla Hasna
Subject
371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Datestamp
2020-12-07 14:43:57
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Hasil belajar Matematika
siswa kelas kontrol dengan metode ceramah di kelas IV SD Muhammadiyah 02
Medan, (2) Hasil belajar Matematika siswa dengan menggunkan strategi
pembelajaran inkuiri di kelas IV SD Muhammadiyah 02 Medan, dan (3) Pengaruh
yang signifikan antara strategi pembelajaran iknkuiri terhadap hasil belajar
Matematika siswa kelas IV di SD Muhammadiyah 02 Medan.
Penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah 02 Medan, sampel yang
diambil dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yakni kelas IV-C (Kelas yang
diajarkan dengan strategi pembelajaran konvensional) dan kelas IV-E (Kelas yang
diajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri). Metode yang digunakan dalam
peneitian iniadalah Quasi Eksperimen. Teknik pengambil sampel dengan cara
Random Sampling dengan jumlah sampel 22 siswa dikelas kontrol dan 22 siswa
dikelas eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam
penelitian ini terdiri dari 20 soal pilihan berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan
dari penerapan strategi pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar Matematika
siswa. Hal ini dapat dilihat berdasarkan rata-rata dari hasil belajar siswa dengan
menerapkan strategi pembelajaran inkuiri adalah 89,09 dengan standar deviasi
7,81, sedangkan rata-rata hasil belajar siswa dengan strategi pembelajaran
konvensional adalah 79,54 dengan strandar deviasi 9,62. Dengan demikian
penggunaan strategi pembelajaran inkuiri mempunyai pengaruh yang signifikan
untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas IV SD Muhammadiyah
02 Medan