Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) untuk mengetahui apakah
perhatian orang tua memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa MTs
Swasta Ubudiyyag Pangkalan Brandan. 2)untuk mengetahui apakah minat belajar
memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa. 3) untuk mengetahui apakah
perhatian orang tua dan minat belajar memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar
siswa di MTs Swasta Ubudiyyah Pangkalan Brandan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan
menggunakan rancangan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa/siswi MTSS Ubudiyah Pangkalan Berandan Kabupaten langkat berjumlah
170 siswa. pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan
menggunakan teknik random sampling, yaitu teknik pengambilan sampel yang
dilakukan secara acak, dengan teknik ini setiap populasi mempunyai kesempatan
untuk menjadi anggota sampel. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini
yaitu beberapa siswa/siswi yang terdiri dari kelas VII sebanyak 18 orang, VIII
sebanyak 18 orang dan IX sebanyak 17 orang. Data penelitian ini dikumpulkan
melalui angket, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, terdapat pengaruh yang
positif antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa di MTs S
Ubudiyyah Pangkalan Brandan. Kedua, hasil penelitian menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh yang positif antara minat belajar siswa terhadap prestasi belajar
siswa. Ketiga, terdapat pengaruh yang positif secara bersama-sama antara
perhatian orang tua dan minat belajar dengan prestasi belajar siswa di MTs S
Ubudiyyah Pangkalan Brandan.