Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengelaborasi dan menganalisis secara kritis
implementasi budaya akademik mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam
(Prodi PAI FITK UIN Sumatera Utara) dalam kaitannya dengan upaya membentuk
mahasiswa menjadi pendidik profesional. Secara lebih terperinci penelitian ini bertujuan;
pertama, untuk menganalisis implementasi norma akademik di Prodi PAI FITK UIN
Sumatera Utara dalam membentuk pendidik profesional. Kedua, menganalisis
implementasi aktivitas akademik mahasiswa Prodi PAI FITK UIN Sumatera Utara dalam
kaitannya dengan upaya membentuk mahasiswa menjadi pendidik profesional. Ketiga,
menganalisis implementasi karya akademik Prodi PAI FITK UIN Sumatera Utara dalam
kaitannya dengan upaya membentuk mahasiswa menjadi pendidik profesional.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan
fenomenologi. Sosiologi pendidikan dijadikan sebagai pisau analisis dalam
mengelaborasi temuan-temuan dalam penelitian ini. Prosedur wawancara, observasi, studi
dokumen dan skala merupakan teknik inventarisasi data yang digunakan dalam penelitian
ini.
Hasil analisis terhadap temuan penelitian menunjukkan bahwa implementasi
budaya akademik mahasiswa Prodi PAI FITK UIN Sumatera Utara dalam upaya
membentuk guru PAI yang profesional dan berkarakter Islami telah diwujudkan melalui
implementasi tiga unsur budaya akademik yang pantulannya tampak pada upaya
implementasi norma akademik, implementasi aktivitas akademik serta implementasi
karya akademik mahasiswa Prodi PAI. Pertama, norma akademik dalam konteks Prodi
PAI merupakan konkretisasi dari visi dan misi Prodi PAI itu sendiri. Dalam konteks
implementasi norma akademik di lingkungan Prodi PAI, visi dan misi dijadikan sebagai
organic matter untuk mengembangkan norma akademik. Dalam upaya implementasi
pengembangan norma akademik, setiap keping kalimat yang tercantum dalam visi dan
misi menjadi bahan baku bagi Prodi PAI untuk memproduksi norma akademik. Visi dan
misi sekaligus dijadikan sebagai acuan dalam implementasi pengembangan norma
akademik. Manifestasinya tampak pada kesesuaian antara visi yang diusung dengan
norma akademik yang diberlakukan. Norma akademik Prodi PAI sejalan dengan upaya
untuk membentuk mahasaiswa menjadi pendidik Profesional. Kedua, implementasi
aktivitas akademik di lingkungan Prodi PAI diselenggarakan dengan basis kemitraan
dosen dan mahasiswa, kendati penerapannya belum begitu optimal. Aktivitas akademik
dikembangkan melalui tiga aktivitas pokok; aktivitas akademik di dalam kelas, aktivitas
FOTO
IMPLEMENTASI BUDAYA AKADEMIK MAHASISWA
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FITK
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA DALAM
MEMBENTUK PENDIDIK PROFESIONAL
Mahariah
iv
akademik di luar kelas serta aktivitas akademik di luar kampus. Implementasi ketiga
bentuk aktivitas akademik tersebut selaras dengan upaya menyiapkan guru profesional
dan berkarakter Islami. Ketiga, implementasi karya akademik di lingkungan Prodi PAI
berkaitan erat dengan implementasi aktivitas akademik. Karya akademik itu sendiri
merupakan resultan dari aktivitas akademik. Implementasi karya akademik di kalangan
mahasiswa Prodi PAI dilakukan dengan mengupayakan peningkatan keterampilan
menulis dan kemampuan meneliti. Keterampilan menulis dan kemampuan meneliti di
kalangan mahasiswa Prodi PAI belum bisa dikatakan istimewa. Terdapat serangkaian
upaya yang diusung oleh internal Prodi PAI untuk meningkatkan keterampilan menulis
dan kemampuan meneliti di kalangan mahasiswa. Namun, sebagian upaya tersebut ada
yang dilakukan hanya sebatas upaya sporadis semacam workshop yang frekuensi
pelaksanaannya belum begitu intens.