DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Model Pembelajaran CPS (Creative Problem Solving) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa kelas IV di MIS Istiqomah Desa Sampali Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang T.A 2018/2019
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Utomo, Dzhul Aqilah
Subject
371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 
Datestamp
2020-12-14 02:41:36 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh CPS (Creative Problem Solving) terhadap hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan pembelajaran model CPS. Penelitian ini dilaksanakan di MIS ISTIQOMAH Desa Sampali Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang T.A 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental (eksperimen semu) yang merupakan pengembangan dari True Eksperimental Design karena memiliki kelompok kontrol tetapi tidak berfungsi penuh mengontrol variable luar yang mempengaruhi pelaksanaan penelitian. Peneliti menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas IVA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang, dan kelas IVB sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran CPS (Creative Problem Solving) Terhadap Hasil Belajar IPSSiswa Kelas IVDi MIS Istiqomah Desa SampaliKec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang T.A 2018/2019 Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan Model Pembelajaran CPS (Creative Problem Solving) Terhadap Hasil Belajar IPS. 
Institution Info

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan