Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Utomo, Dzhul Aqilah
Subject
371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Datestamp
2020-12-14 02:41:36
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh CPS (Creative Problem Solving)
terhadap hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan pembelajaran model CPS. Penelitian
ini dilaksanakan di MIS ISTIQOMAH Desa Sampali Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli
Serdang T.A 2018/2019.
Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental (eksperimen semu) yang
merupakan pengembangan dari True Eksperimental Design karena memiliki kelompok
kontrol tetapi tidak berfungsi penuh mengontrol variable luar yang mempengaruhi
pelaksanaan penelitian. Peneliti menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas
kontrol. Kelas IVA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang, dan
kelas IVB sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang. Penelitian
bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan
Model Pembelajaran CPS (Creative Problem Solving) Terhadap Hasil Belajar IPSSiswa
Kelas IVDi MIS Istiqomah Desa SampaliKec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang T.A
2018/2019
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang
signifikan dari penerapan Model Pembelajaran CPS (Creative Problem Solving) Terhadap
Hasil Belajar IPS.