Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Novita, Rizki Ari
Subject
371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Datestamp
2020-12-16 07:37:04
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1). Mendeskripsikan aktivitas
siswa dalam pembelajaran IPS Materi Persiapan Kemerdekaan Indonesia Kelas
V SD Negeri 106803 Pematang Johar Kabupaten Deli Serdang; 2). Mengetahui
hasil belajar siswa sebelum diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe
Time Token pada pelajaran IPS materi Persiapan Kemerdekaan Indonesia di SD
Negeri 106803 Pematang Johar Kabupaten Deli Serdang; 3). Mengetahui
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Hasil
Belajar IPS Materi Persiapan Kemerdekaan Indonesia Kelas V SD Negeri
106803 Pematang Johar Kabupaten Deli Serdang.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif eksperimen.
Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 106803 Pematang Johar Kabupaten Deli
Serdang. Sampel dalam penelitian terdiri 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan
kelas kontrol berjumlah 60 siswa. Pengumpulan data ini menggunakan hasil
pretest-posttest dan angket model pembelajaran. Angket digunakan untuk
mengukur variabel model pembelajaran. Adapun teknik analisis data yang
digunakan adalah uji normalitas, uji wilcoxon dan uji mann whitney.
Hasil perhitungan dengan SPSS versi 21 menggunakan uji Mann
Whitney menunjukkan nilai Asymp.Sig. (2-tailed) 0,007 < 0,05. Dengan data
yang diperoleh dapat menjawab hipotesis penelitian dimana Ha diterima dan Ho
ditolak, yang membuktikan adanya pengaruh yang signifikan model
pembelajaran kooperatif tipe time token terhadap hasil belajar IPS materi
Persiapan Kemerdekaan Indonesia kelas V SD Negeri 106803 Pematang Johar.