Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Tamimi, Chairul
Subject
371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Datestamp
2021-12-26 14:10:50
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode
peta konsep terhadap hasil belajar biologi siswa SMA Al-Hidayah Medan.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi
Experiment (Eksperimen semu). Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah
siswa kelas X yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 50 siswa. Instrument penelitian
yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa yaitu menggunakan tes
pilihan berganda berupa pre-test dan post-test sebanyak 20 soal yang telah
divalidkan oleh dosen ahli dan siswa.
Temuan penelitian hasil nilai rata-rata pretest kelasEksperimenadalah 35.00
sedangkan pretest Kontrol nilai rata-ratanya adalah 30,00 dan pada hasil posttest
kelas Eksperimen rata-ratanya adalah 83,00 sedangkan pada Kontrol rata-ratanya
adalah 70,00. Dan pada penelitian ini analisis data menggunakan uji Independen
Sample t-test menunjukan bahwa sig < 0,05 dengan nilai sig 0,00 < 0,05 dengan
nilai t-hitung 6,189 dan t-tabel 2,02 peta konsep sehingga Ho ditolak dan Ha
diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Peta Konsep terhadap
hasil belajar siswa pada materi ekosistem di kelas X SMA Al-Hidayah Medan.