DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Penggunaan Metode Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Swasta Al Hidayah Medan T.A. 2020-2021
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Tamimi, Chairul
Subject
371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 
Datestamp
2021-12-26 14:10:50 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode peta konsep terhadap hasil belajar biologi siswa SMA Al-Hidayah Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Experiment (Eksperimen semu). Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 50 siswa. Instrument penelitian yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa yaitu menggunakan tes pilihan berganda berupa pre-test dan post-test sebanyak 20 soal yang telah divalidkan oleh dosen ahli dan siswa. Temuan penelitian hasil nilai rata-rata pretest kelasEksperimenadalah 35.00 sedangkan pretest Kontrol nilai rata-ratanya adalah 30,00 dan pada hasil posttest kelas Eksperimen rata-ratanya adalah 83,00 sedangkan pada Kontrol rata-ratanya adalah 70,00. Dan pada penelitian ini analisis data menggunakan uji Independen Sample t-test menunjukan bahwa sig < 0,05 dengan nilai sig 0,00 < 0,05 dengan nilai t-hitung 6,189 dan t-tabel 2,02 peta konsep sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Peta Konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem di kelas X SMA Al-Hidayah Medan. 
Institution Info

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan