Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Lubis, Nelly Yulida
Subject
371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Datestamp
2020-12-14 11:48:35
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar siswa pada
proses pembelajaran model kooperatif tipe STAD dengan menggunakan aplikasi
smartphone game kahoot di kelas VIII SMP Islam Terpadu Al-Hijrah Deli
Serdang, (2) dan apakah terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan
model pembelajaran kooperatif tipe n m m n on
(STAD).
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini
adalah siswa kelas VIII SMPS IT Al-Hijrah Deli Serdang berjumlah 4 kelas dan
sampel yang diambil adalah kelas VIII-C dan kelas VIII-D. Dimana kelas VIII-C
sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 24 siswa dan kelas VIII-D sebagai kelas
kontrol berjumlah 25 siswa. Instrument tes yang digunakan untuk mengetahui
hasil belajar siswa adalah tes pilihan ganda berupa pre-test dan post-test yang
berjumlah 20 soal.
Hasil temuan menunjukkan bahwa kelas yang diajar dengan menggunakan
model pembelajaran STAD diperoleh Rata-rata 82,917, varians 20,080 dan
simpangan baku 5,187. Dan kelas yang diajar dengan pembelajaran konvensional
diperoleh rata-rata 50,25, varians 50,25 dan simpangan baku 50,25. Dari hasil uji
normalitas memperoleh Lhitung ttabel = 4,047 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa melalui model
pembelajaran kooperatif tipe n m m n on (STAD)
menggunakan aplikasi smartphone game kahoot terhadap hasil belajar siswa
Kelas VIII pada Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan di P Islam Terpadu AlHijrah Deli Serdang.