DETAIL DOCUMENT
Tadwirul ta'allumil lukhotil arabiyyati fis tikhdaami thoriqoti jiksaw fi madrosati' aliyatil jam'iyyatil washliyyati fi faslil 'aasyiri Tembung Percut Sei Tuan
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Muhajir, Muhammad Rizky
Subject
2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam 
Datestamp
2020-12-15 04:32:41 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Arab Dalam menggunakan Metode Jigsaw Di Madrasah Aliyah Al-Washliyah dikelas Sepuluh Tembung Percut Sei Tuan. Rumusan Masalah dalam Penelitian ini adalah Bagaimanakah Meningkatkan Metode pembelajaran Jigsaw dalam pengayaan terhadap hasil belajar siswa pada kosa kata bahasa arab di kelas X di Madrasah Aliyah Al-Washliyah Tembung Percut Sei Tuan. Apakah terdapat Meningkatkan hasil belajar siswa dalam pengayaan yang diajarkan dengan Metode pembelajaran Jigsaw. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui 2 siklus yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sedangkan untuk mengetahui kemampuan siswa, peneliti menggunakan lembar kerja siswa yang diberikan kepada siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X sebanyak 26 siswa. Dari hasil penelitian dapat dilihat hasil tes awal (pre-test) di kelas X persentase ketuntasan klasikal diperoleh 54,38% (6 siswa). Setelah pemberian tindakan pengajaran melalui Metode pembelajaran Jigsaw, tes hasil belajar siswa I persentase ketuntasan klasikal diperoleh 61,73% (20 siswa). Sedangkan setelah dilakukan perbaikan dari siklus I, pada siklus II diperoleh hasil tes belajar II (Post-test) persentase ketuntasan klasikal diperoleh 89,80%. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini maka peneliti menyimpulkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Metode pembelajaran Jigsaw di kelas X Madrasah Aliyah Al-Washliyah Tembung Percut Sei Tuan. 
Institution Info

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan