Abstract :
Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana penilaian kinerja guru dan
bagaimana upaya kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja tenaga pendidik
di MTs Nurul Islam Kecamatan Bambel Kabupaten Aceh Tenggara.
Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan
pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MTs Nurul Islam
Kecamatan Bambel Kabupaten Aceh Tenggara. Teknik yang digunakan dalam
mengumpulkan data yaitu teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis
data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik
kesimpulan. Penjamin keabsahan data dalam penelitian ini yaitu kredibilitas,
transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas.
Hasil temuan ini menunjukkan bahwa: 1) penilaian kinerja ialah mulai dari
perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, pembukaan dan penutup
pembelajaran, adanya variasi stimulus pembelajaran serta penilaian keterampilan
bertanya dari siswa dan guru. Poin ini dijabarkan menjadi indikator penilaian
kinerja yang akan berpengaruh untuk keberhasilan pembelajaran di Nurul Islam
dan agar visi misi sekolah tidak mengambang saja. Penilaian kinerja merupakan
suatu evaluasi terhadap penampilan kerja guru dalam mengajar. Jika pembelajaran
sesuai atau melebihi uraian target capaian kinerja maka guru telah melakukan
pekerjaan dengan baik. 2) upaya kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja
tenaga pendidik ialah memberikan kesempatan atau peluang kepada setiap guru
untuk mengikuti pelatihan, workshop, dan seminar guna meningkatkan
profesional guru dalam mengajar. Hal ini kepala madrasah bekerja sama dengan
pengawas untuk membimbing guru dan pelatihan di luar sekolah yang diadakan
setiap tahunnya untuk memperbaiki kinerja guru. Peningkatan kinerja guru tidak
hanya dilakukan oleh kepala madrasah, namun dari seorang guru juga haru
memiliki motivasi untuk menjadi lebih baik kedepannya.
Kesimpulan penilaian kinerja guru dan upaya kepala madrasah dalam
meningkatkan kinerja guru adalah dimulai dari perencanaan, pelaksanaan dan
evaluasi terhadap penampilan kinerja guru dalam mengajar. Selanjutnya dengan
memberikan pelatihan, workshop dan seminar yang diadakan dari madrasah dan
luar madrasah setiap tahunnya untuk memperbaiki kinerja guru.