Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Nasution, Martua Syahriadi
Subject
371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Datestamp
2020-12-15 04:29:02
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui b aga ima na mo t ivas i da n
ha s il be la jar s is wa setelah dilakukan proses pembelajaran dengan strategi
pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) Melalui Pendekatan Jelajah Alam
Sekitar (JAS) Model Group Investigation (GI). Penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen semu. Alat ukur yang digunakan
untuk mengetahui hasil belajar IPA adalah tes yang berbentuk soal pilihan
ganda yang sudah divalidasi, dimana diperoleh data bahwa Rata ? rata nilai hasil
belajar yang diperoleh kelas eksperimen adalah (45,161), (71,855), (80, 242) dan nilai
rata ? rata nilai hasil belajar yang diperoleh kelas kontrol adalah (50, 25), (57, 417),
(71, 917). Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensi. Hasil
temuan ini menunjukkan: (1) Hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan
strategi pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) Melalui Pendekatan Jelajah
Alam Sekitar (JAS) Model Group Investigation (GI) berdasarkan skor tes akhir
diperoleh nilai rata-rata 80,242; modus 80; median 80; serta simpangan baku sebesar
10, 5760; (2) Hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan strategi
pembelajaran Konvensional berdasarkan skor tes akhir diperoleh nilai rata-rata 71,
917; modus 75; median 75; serta simpangan baku sebesar 14, 4580; Simpulan
penelitian ini menjelaskan Hasil Belajar IPA siswa yang diajar dengan Strategi
Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) Melalui Pendekatan Jelajah Alam
Sekitar (JAS) Model Group Investigation (GI) lebih tinggi daripada hasil belajar IPA
siswa yang diajar dengan Strategi Pembelajaran Konvensional pada materi struktur
dan fungsi tumbuhan di Kelas VIII SMP N 1 Simangambat Tahun Ajaran 2020/ 2021.