Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Irhamna, Hafiza
Subject
371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Datestamp
2020-12-15 11:40:02
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh
alat peraga roda bangun datar terhadap perkembangan kognitif di RA Forib, (2) Untuk
mengetahui perbedaan pengaruh alat peraga roda bangun datar kelas eksperimen dengan
pengaruh tanpa alat peraga roda bangun datar kelas kontrol terhadap kognitif anak usia 5-
6 tahun di RA Forib. Penelitian ini adalah Penelitian mengunakan kuantitatif dengan
desain quasi experimental design (non-equivalent control group design). Populasi
penelitian ini berjumlah 40 anak. Sampel penelitian berjumlah 40 anak terdiri dari 2 kelas
yaitu 20 anak kelas eksperimen dan 20 anak kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan
total sampling. Istrumen pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi,
menggunakan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji
hipotesis menggunakan uji t.
Penelitian ini menunjukkan ada pengaruh penggunaan alat bantu roda bangun datar
terhadap perkembangan kognitif anak Kelompok B di RA Forib desa Pematang Serai
Tanjung Pura dengan Fh > Ft (6.08 > 1.734) pada taraf signifikansi ?=5% dengan dk1=19
dan dk2=19. Perkembangan kognitif anak yang diajar menggunakan roda bangun datar
lebih tinggi (X=16,05) dari pada perkembangan kognitif anak yang tidak diajar
menggunakan roda bangun datar (X=13,5).