Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Aini, Nur
Subject
371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Datestamp
2020-12-15 11:46:10
Abstract :
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas V MIS Istiqomah Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang yang
berjumlah 30 orang.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui hasil belajar siswa pada Mata pelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Materi Menjaga Keutuhan NKRI menggunakan model
VCT (Value Clarificated Technique) di kelas V MIS Istiqomah Percut Sei Tuan. 2) Mengetahui
penerapan pendekatan pembelajaran PKn materi Menjaga keutuhan NKRI dengan menggunakan
model pembelajaran VCT.
Hasil belajar siswapada tes awal (Pree Test) terdapat 7 orang siswa (23,3%) yang tuntas
sedangkan yang tidak tuntas 23 siswa (76,7). Setelah menggunakan Model VCT dilakukan Siklus
I berjumlah 19 siswa (63,3%) yang telah tuntas sedangkan 11 siswa (36,7%) siswa yang tidak
tuntas. Kemudian Siklus II diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebanyak 28
siswa (93,3%) yang telah tuntas sedangkan 2 siswa (6,7%) siswa yang tidak tuntas. 3) Penerapan
Model pembelajaran VCT (Value Clarificated Technique) dapat meningkatkan hasil belajar siswa
karena sangat efektif dan efesien saat dilaksanakan, ini ditunjukkan dari respon siswa yang sangat
baik pada saat pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Dengan demikian Penelitian Tindakan Kelas
ini dikatakan berhasil sehingga peneliti merekomendasikan penerapan Model pembelajaran VCT
(Value Clarificated Technique) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan(PKn) materi Menjaga Keutuhan NKRI.