Abstract :
Penelitian ini berjudul tentang Strategi Pemasaran Pembiayaan Griya
Dengan Akad Murabahah pada PT. Bank Syariah Mandiri kantor Cabang
Pembantu Medan Padang Bulan, Nama Peneliti Tengku Mastulen, NIM.
0504161041 dan pembimbing skripsi minor Ibu Nurbaiti, M.Kom.
Pembiayaan Griya di PT. Bank Syariah Mandiri bertujuan untuk
memberikan kemudahan dalam mewujudkan keinginan nasabah untuk
mendapatkan rumah impian dengan cara yang mudah. PT. Bank Syariah Mandiri
Kantor Cabang Pembantu Medan Padang Bulan memasarkan produknya yaitu
Pembiayaan Griya Bank Syariah Mandiri dengan berbagai strategi pemasaran.
Strategi pemasaran adalah langkah-langkah yang harus ditempuh dalam
memasarkan produk maupun jasa perbankan bertujuan untuk meningkatkan
penjualan. Dalam strategi pemasaran Pembiayan Griya Bank Syariah Mandiri
Kantor Cabang pembantu Medan Padang Bulan menggunakan variabel 4P yaitu
place (lokasi), price (harga), product (produk) dan promotion (promosi). Strategi
pemasaran Pembiayaan Griya Bank Syariah Mandiri ini menggunakan akad
murabahah. Melalui strategi yang telah dilakukan ada juga terdapat kendalakendala yang terjadi dalam strategi pemasaran pembiayaan griya di PT. Bank
Syarih Mandiri Kantor Cabang Pembantu Medan Padang Bulan, yaitu persaingan,
kurangnya sumber daya manusia dan sosialisasi dan edukasi masyarakat. Metode
yang dilakukan penulis menggunakan penelitian lapangan (field research) yaitu
suatu penelitian dengan mengadakan pengamatan tentang suatu fenomena dalam
suatu keadaan ilmiah dengan mengambil lokasi penelitian di Bank Syariah
Mandiri Kantor Cabang Pembantu Medan Padang Bulan dengan pendekatan
kualitatif. Sedangkan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
metode pengumpulan data dengan cara observasi dan wawancara. Lokasi
penelitian dilaksanakan di PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu
Medan Padang Bulan.