Abstract :
Secara umum penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pelaksanaan
budaya disiplin peserta didik di yayasan MTs Islamiyah Medan dan pandangan
peserta didik terhadap pelaksanaan budaya disiplin. Metode penelitian ini
menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara dan studi
dokumen. Adapun teknik analisis data yang digunakan penelitian ini adalah
reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian yang telah peneliti lakukan menunjukkan bahwa strategi
yang digunakan oleh kepala madrasah MTs Islamiyah Medan dalam
meningkatkan budaya disiplin peserta didik sudah cukup baik dan bervariasi.
Pertama, memberikan teladan kepada peserta didik agar mereka dapat mencontoh
perilaku didiplin yang dilakukan oleh pendidik dan tenaga kependidikan. Kedua,
dalam berbagai kesempatan selalu mengingatkan peserta didik untuk selalu
mematuhi tata tertib peraturan yang berlaku di madrasah. Ketiga, bekerjasama
dengan guru-guru untuk mengawasi tingkah laku peserta didik. Keempat,
memberikan kegiatan tadarus Al-Qur?andan sholat zuhur berjamaah yang
bertujuan untuk menanamkan kedisiplinan di dalam diri setiap peserta didik.
Kelima, dilakukan evaluasi yang bertujuan untuk memperbaiki hal-hal yang harus
diperbaiki untuk lebih baik lagi kedepannya. Namun pada pelaksanaannya masih
ditemukan peserta didik yang melanggar tata tertib peraturan. Masih ada beberapa
pelanggaran yang dilanggar oleh peserta didik seperti terlambat datang ke
madrasah, berpakaian tidak sesuai dengan peraturan dan lain-lain.
Kepala madrasah MTs Islamiyah Medan sebaiknya mengikutsertakan
peserta didik untuk membuat tata tertib peraturan. Memberikan penghargaan bagi
peserta didik yang disiplin. Bekerjasama dengan osis untuk pengawasan
pelaksanaan kedisiplinan peserta didik.