Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Karima, Nurul
Subject
371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Datestamp
2020-12-16 08:13:37
Abstract :
model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran PKn di MIS AlWashliyah Tandam Hilir II. 2) hasil belajar siswa dengan menggunakan model
pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran PKn di MIS AlWashliyah Tandam Hilir II. 3) pengaruh yang signifikan antara hasil belajar
dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran PKn di
MIS Al-Washliyah Tandam Hilir II.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Experiment. Populasi
penelitian ini adalah kelas IV-A dan kelas IV-B di MIS Al-Washliyah Tandam
Hilir II. Sampel ditentukan melalui teknik Total Sampling. Berdasarkan teknik
tersebut diperoleh kelas IV-A sebagai kelas eksperimen (dengan model
pembelajaran Problem Based Learning) dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol
(dengan model pembelajaran konvensional). Data yang dianalisis dalam penelitian
ini adalah hasil belajar PKn yang dikumpulkan melalui tes pilihan ganda. Data
dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t).
Temuan penelitian ini sebagai berikut: 1) hasil belajar PKn siswa kelas IV
MIS Al-Washliyah Tandam Hilir II yang diajarkan dengan pembalajaran
konvensional pada kelas IV B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 25 siswa
dengan nilai rata-rata pretest 65,04 dan nilai rata-rata posttest 75,08. 2) hasil
belajar PKn siswa kelas IV MIS Al-Washliyah Tandam Hilir II yang diajarkan
dengan model pembalajaran Problem Based Learning pada kelas IV A sebagai
kelas eksperimen yang berjumlah 25 siswa. Nilai rata-rata pretest 65,04 dan
posttest 85,04. 3) berdasarkan uji t pada posttest yang menyatakan bahwa Ha
diterima dan Ho ditolak yang berarti terdapat perbedaan pengaruh antara model
pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pembelajaran konvensional
terhadap hasil belajar PKn pada materi globalisasi di kelas IV MIS Al-Washliyah.
sehingga penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
memiliki pengaruh yang positif.