Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Fahmi, Ahmad
Subject
371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Datestamp
2020-12-17 12:57:11
Abstract :
Penelitian ini dilatar belangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam
membaca bahasa arab. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan
membaca bahasa arab siswa kelas VIII SMP IT Setia Nurul Azmi Mabar Hilir
dengan penerapan strategi teks acak. Data hasil penelitian diproleh dari tes hasil
belajar siswa, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis
data menggunakan analisis kuantitatif statistik deskriptif dan kualitatif. Penelitian
tindakan kelas ini dilakukan dengan 2 siklus. Sebelum digunakan strategi teks
acak keterampilan membaca siswa masih rendah karena guru masih menggunakan
strategi konvensional. Dari sebelum tindakan(pra siklus) hasil persentase klasikal
diproleh 20% (5 siswa). Kemudian pada siklus I dengan menerapkan strategi teks
acak hasil persentase klasikal diperoleh 40% (10 siswa). Kemudian setelah
dilakukan perbaikian dari siklus I, hasil persentase klasikal pada siklus II
diperoleh 88% (22 siswa). Dari hasil penelitian ini bahwa terjadi peningkatan
kemampuan membaca bahas arab dengan menggunakan strategi teks acak di kelas
VIII SMP IT Setia Nurul Azmi Mabar Hilir.