Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan positif dan signifikan antara
Persepsi Siswa Tentang Kepribadian Guru Dengan Minat Belajar Quran Hadist Siswa Di
MTs SKB-3 M BIPDA Di Kec Perbaungan Kab Serdang Bedagai. Jenis penelitian ini
menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan teknik korelasi product moment.
Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII MTs SKB-3 M BIPDA tahun pelajaran
2018/2019 yang terdiri atas 66 siswa.
Data dikumpulkan dengan instrumen berbentuk angket (kuesioner) berbentuk
skala likert. Angket disusun berdasarkan indikator variabel dan diperiksakan kepada
Pembimbing Skripsi, selanjutnya diuji cobakan kepada siswa yang bukan responden
penelitian. Setelah dilakukan uji instrumen, diketahui seluruh instrument variabel X1 yang
terdiri 24 butir, dinyatakan valid. Uji Reliabilitas instrumen, membandingkan nilai r
Koefesien Alpha dengan r hitung , diperoleh data bahwa seluruh intrumen variabel X cukup
handal (reliabel) untuk menjaring data penelitian ini, Koefesien Alpha X= 0,563
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat korelasi yang signifikan antara
Persepsi Siswa Tentang Kepribadian Guru Dengan Minat Belajar Quran Hadist Siswa Di
MTs SKB-3 M BIPDA Di Kec Perbaungan Kab Serdang Bedagai.