Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Wahyudi, Erwin Tri
Subject
371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Datestamp
2020-12-22 07:28:04
Abstract :
Latarbelakangdalam penelitianiniyaitumasihbanyakPesertadidikyang
hasilbelajarnya tidakoptimaldanmasihjauhdariharapansekolah,materipelajaran
yansulitdipahamidantugas-tugasyangtidakdapatterselesaikantepatwaktuatau
cenderungmenunda-nundatugas,dankejadiantersebuthampirsetiapharidilakukan
olehsebagianbesarPesertadidik.OlehkarenaituGuruharusbisamenghadapi
tantanganmembangkitkanmotivasibelajarPesertadidikkhususnyaguruBK.
Adapuntujuanadalahuntukmengetahui1)KondisimotivasibelajarPeserta
didik2)PelaksanaanpelayananBKdiSMPTerpaduAl-Farabi3)UpayaguruBKdalam
meningkatkanmotivasibelajarPesertadidikdiSMPTerpaduAl-Farabi.Penelitianini
menggunakanmetodekualitatifdeskriptifyaitudatayangdikumpulkanberupakara-
kata,gambardanbukanangka.
Berdasarkanpenelitianyangsudahdilakukan,makadiperolehhasilbahwa1)
KondisimotivasibelajarPesertadidikdiSMPTerpaduAl-farabisudahmeningkatdilihat
dariPesertadidik-siswiyangantusiasdalam belajar2)Pelaksanaanlayananbimbingan
dankonselingdiSMPTerpaduAl-farabitergolongbaguskarenasetiappermasalahan
yangdihadapiPesertadidikdapatterselesaikansesuaidenganyangdiharapkan3)
UpayayangdilakukanguruBKdalam meningkatkanmotivasibelajarPesertadidik adalah denganmemberikanvideo-videomotivasiuntukmenambahwawasanpara
Pesertadidik,memendatangkantokoh-tokohyangmenginspirasiagarmerekalebih
semangat.