Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam menulis
bahasa Arab dan metode pembelajaran konvensional masih diterapkan oleh guru.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis Bahasa Arab
siswa kelas VIII-7 Mts Al Ulum Medan dengan penerapan metode permainan
rangking I. Data hasil penelitian diperoleh dari tes hasil belajar siswa, wawancara,
catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis
kuantitatif statistik deskriptif dan kualitatif. Penelitian tindakan kelas ini
dilakukan dengan 2 siklus. Sebelum digunakan metode Permainan Rangking I
keterampilan menulis siswa masih rendah karena guru masih menggunakan
metode konvensional. Dari sebelum tindakan (pra siklus) hasil persentase klasikal
diperoleh 18,75% (6 siswa). Kemudian pada siklus I dengan menerapkan metode
permainan rangking I hasil persentase klasikal diperoleh 46,9 % (15 siswa).
Kemudian setelah dilakukan perbaikan dari siklus I, hasil persentase klasikal pada
siklus II diperoleh 87,5% (28 siswa). Dari hasil penelitian ini bahwa dapat
disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan menulis bahasa arab siswa
dengan menggunakan metode permainan rangking I di kelas VIII-7 Mts Al Ulum
Medan.