Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Sari, Ema Wahyuni
Subject
371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Datestamp
2020-12-29 05:45:35
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan guru dalam
mengembangkan media pembelajaran dan hasil belajar siswa di Man 2 Padang Lawas
Kec.Barumun Tengah. Dan juga bertujuan juga untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh
yang signifikan antara kemampuan guru dalam mengembangkan media pembelajaran
terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Man 2 Padang Lawas Kec.Barumun
Tengah.
Adapun jenis penelitian ini dengan menggunakan penelitian kuantitatif. Variabel
bebas dalam penelitian ini adalah pengaruh kemampuan guru dalam mengembangkan media
pembelajaran (X) sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa (Y). Sampel dalam
penelitian ini berjumlah 53 siswa. Instrumen pengumpulan datanya menggunakan observasi,
angket dan menggunakan uji tes pilihan berganda. Analisis data dalam penelitian ini
menggunakan analisis data kuantitatif yang ditabelkan secara sistematis mengunakan teknik
korelasi product moment.
Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang positif
antara kemampuan guru mengembangkan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa
pada mata pelajaran Fikih. Hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai pada taraf signifikansi
95% atau a = 0,5 dan dk = 68-2 = 66 . Nilai koefisien korelasi ini jika diintrepretasikan pada
nilai intrerpretasi koefisien korelasi dapat dikategorikan ? sedang? tingkat pengaruhnya.
Berdasarkan uji t yang diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 3,561 > 1,669. Sehingga Ho ditolak,
artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan guru mengembangkan media
pembelajaran terhadap hasil belajar siswa.