DETAIL DOCUMENT
Pelaksanaan Konseling Individual Dalam Menangani Dampak Psikologis Siswa Yang Mengalami Broken Home
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Nasution, Widya Astika
Subject
371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah 
Datestamp
2020-12-23 02:47:37 
Abstract :
Latar belakang penelitian ini psikologis siswa yang mengalami broken home. Ada berbagai permasalahan yang muncul dikarenakan permasalahan keluarga, permasalahan sosial, permasalahn karir, pribadi dan belajar. Keluarga dan sekolah memiliki peran penting dalam mengatasi dan membantu siswa menyelesaikan permasalahnnya. Salah satunya yaitu siswa dengan latar belakang broken home. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan konseling individual dalam menangani dampak psikologis siswa yang mengalami broken home. Dengan konseling individual mampu memberikan pengarahan yang baik kearah yang positif kepada siswa yang mengalami kasus broken home. Fungsifungsi yang mendukung berjalannya konseling individual berupa fungsi pemahaman, fungsi pengentasan, fungsi pengembangan dan pemeliharaan, fungsi pencegahan, dan fungsi advokasi. Jenis penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan menggunakan subyek yang disebut Informan yaitu kepala sekolah, guru BK, dan siswa MAN 1 yang ditentukan dengan menggunakan pemilihan responden secara sengaja. Sumber data primer adalah guru BK, kepala sekolah, dan siswa. Sumber data sekunder adalah buku-buku atau hasil penelitian terdahulu yang dapat memberikan informasi terkait dengan judul penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. 
Institution Info

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan