Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Nasution, Widya Astika
Subject
371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Datestamp
2020-12-23 02:47:37
Abstract :
Latar belakang penelitian ini psikologis siswa yang mengalami broken
home. Ada berbagai permasalahan yang muncul dikarenakan permasalahan
keluarga, permasalahan sosial, permasalahn karir, pribadi dan belajar. Keluarga dan
sekolah memiliki peran penting dalam mengatasi dan membantu siswa
menyelesaikan permasalahnnya. Salah satunya yaitu siswa dengan latar belakang
broken home. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan
konseling individual dalam menangani dampak psikologis siswa yang mengalami
broken home. Dengan konseling individual mampu memberikan pengarahan yang
baik kearah yang positif kepada siswa yang mengalami kasus broken home. Fungsifungsi yang mendukung berjalannya konseling individual berupa fungsi
pemahaman, fungsi pengentasan, fungsi pengembangan dan pemeliharaan, fungsi
pencegahan, dan fungsi advokasi.
Jenis penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan menggunakan
subyek yang disebut Informan yaitu kepala sekolah, guru BK, dan siswa MAN 1
yang ditentukan dengan menggunakan pemilihan responden secara sengaja.
Sumber data primer adalah guru BK, kepala sekolah, dan siswa. Sumber data
sekunder adalah buku-buku atau hasil penelitian terdahulu yang dapat memberikan
informasi terkait dengan judul penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara dan dokumentasi.