Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Nst, Mukmin Hotmatua
Subject
371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Datestamp
2020-12-23 04:33:23
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Komunikatif
untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas VIII Pondok
Pesantren Al-Husna Marendal.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas
(PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dengan subjek penelitian 30 siswa. Objek
penelitian ini adalah penerapan metode Komunikatif untuk meningkatkan
keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas VIII Pondok Pesantren Al-Husna
Marendal. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, tes dan
lembar observasi.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa aktivitas guru pada siklus I
adalah sebesar 79,54% dikategorikan baik, dan meningkat pada siklus II menjadi
95,45% dan dikategorikan sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I adalah
sebesar 87,5%, dan meningkat pada siklus II menjadi 91,66% dan dikategorikan
aktif. Hasil belajar bahasa Arab siswa pada siklus I adalah sebesar 66,66%, dan
meningkat pada siklus II menjadi 83,33%. Keterampilan berbicara bahasa Arab
siswa pada siklus I adalah 71,87%, dan meningkat pada siklus II menjadi 87,5%
dan dikategorikan sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
penerapan metode Komunikatif dapat meningkatkan keterampilan berbicara
bahasa Arab siswa kelas VIII Pondok Pesantren Al-Husna Marendal