DETAIL DOCUMENT
Penerapan Metode Komunikatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Araba Siswa Kelas VII Pondok Pesantren Al-Husna Marendal
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Nst, Mukmin Hotmatua
Subject
371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 
Datestamp
2020-12-23 04:33:23 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Komunikatif untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas VIII Pondok Pesantren Al-Husna Marendal. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dengan subjek penelitian 30 siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan metode Komunikatif untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas VIII Pondok Pesantren Al-Husna Marendal. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, tes dan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa aktivitas guru pada siklus I adalah sebesar 79,54% dikategorikan baik, dan meningkat pada siklus II menjadi 95,45% dan dikategorikan sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I adalah sebesar 87,5%, dan meningkat pada siklus II menjadi 91,66% dan dikategorikan aktif. Hasil belajar bahasa Arab siswa pada siklus I adalah sebesar 66,66%, dan meningkat pada siklus II menjadi 83,33%. Keterampilan berbicara bahasa Arab siswa pada siklus I adalah 71,87%, dan meningkat pada siklus II menjadi 87,5% dan dikategorikan sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Komunikatif dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas VIII Pondok Pesantren Al-Husna Marendal 
Institution Info

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan