Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Siregar, Sri Haryati
Subject
371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Datestamp
2020-12-23 05:10:15
Abstract :
Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mendeskripsikan konflik siswa di media sosial
yang terjadi pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan. 2)Untuk mendeskripsikan upaya
guru bimbingan konseling dalam mengatasi konflik di media sosial pada Madrasah
Aliyah Negeri 1 Medan. 3)Untuk mendeskripsikan pelaksanaan layanan mediasi untuk
mengatasi konflik di media sosial pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan
teknik pengumpulan data berupa teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Adapun Sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru Bimbingan
Konseling dan Lima orang siswa yang berkonflik di media sosial kelas XI MIA 2
Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan. Sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah
Kepala sekolah Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan dan wali kelas XI MIA 2 yang
mengetahui konflik di media sosial.
Penyebab terjadinya konflik siswa kelas XI MIA 2 yang terjadi di media sosial
karena adanya kesalahpahaman antara individu yang berkonflik. Upaya guru
Bimbingan Konseling dalam mengatasi konflik tersebut yaitu dengan menggunakan
layanan mediasi. Layanan mediasi adalah layanan yang diberikan kepada individu
yang berkonflik atau berseteru. Tehnik yang diterapkan pada layanan mediasi ini yaitu
penerimaan peserta layanan serta membangun suasana yang kondusif, guru
pembimbing memberikan pemahaman kepada peserta layanan tentang apa dan untuk
apa layanan mediasi dilakukan kemudian ajakan berbicara dengan memberikan
kesempatan kepada peserta layanan untuk memberikan pendapatnya. Hasil dari
penelitian ini adalah konflik di media sosial dapat terentaskan serta hubungan invidu
yang berkonflik menjadi lebih baik setelah diberikan layanan mediasi.