DETAIL DOCUMENT
Pengembangan Buku Ajar Nahwu Pendamping Pembelajaran Pada Bahasa Arab Siswa Kelas XII SMK Tritech Bhayangkara
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Sagala, Nisa Rahmaida
Subject
371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 
Datestamp
2020-12-23 06:24:10 
Abstract :
Pengembangan bahan ajar bahasa Arab didasarkan pada kenyataan belum tersedianya buku ajar bahasa Arab kelas XII. Pengembangan bahan ajar bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa melalui proses pembelajaran. Kesulitan dalam memahami materi ajar banyak ditemukan dalam pembelajaran bahasa arab dikarenakan anggapan bahwa qawaid bahasa arab sangat sulit dan begitu kompleks. Belum tersedianya bahan ajar untuk pembelajaran bahasa Arab, kemudian, siswa yang hanya belajar di kelas XII dan sebelumnya di kelas X dan XI belum pernah belajar bahasa Arab, membuat siswa merasa asing ketika mengikuti pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan. Research and Development (R&D) yang mengacu pada model Borg and Gall. Proses pengembangan model ini terdiri dari sepuluh langkah diantaranya: : (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, (10) produksi massal. Dengan Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, dan wawancara. Dari hasil analisis data diperoleh hasil Ha diterima, HO ditolak. sehingga terdapat perbedaan signifikan nilai hasil belajar Bahasa Arab siswa kelas XII Multimedia-3, sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar Nahu sebagai penunjang pembelajaran Bahasa Arab. Selanjutnya dari nilai rata-rata X2=77, 37, dan nilai rata-rata X1=62,79, yang berarti nilai Post-test lebih tinggi dari nilai Pre-test. Terdapat perbedaan yang cukup signifikan pemahaman kognitif terhadap buku ajar yang dikembangkan. 
Institution Info

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan