Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Sagala, Nisa Rahmaida
Subject
371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Datestamp
2020-12-23 06:24:10
Abstract :
Pengembangan bahan ajar bahasa Arab didasarkan pada kenyataan belum tersedianya
buku ajar bahasa Arab kelas XII. Pengembangan bahan ajar bertujuan untuk meningkatkan
pemahaman siswa melalui proses pembelajaran. Kesulitan dalam memahami materi ajar
banyak ditemukan dalam pembelajaran bahasa arab dikarenakan anggapan bahwa qawaid
bahasa arab sangat sulit dan begitu kompleks. Belum tersedianya bahan ajar untuk
pembelajaran bahasa Arab, kemudian, siswa yang hanya belajar di kelas XII dan sebelumnya
di kelas X dan XI belum pernah belajar bahasa Arab, membuat siswa merasa asing ketika
mengikuti pembelajaran bahasa Arab.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan. Research and
Development (R&D) yang mengacu pada model Borg and Gall. Proses pengembangan model
ini terdiri dari sepuluh langkah diantaranya: : (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data,
(3) Desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi
produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, (10) produksi massal. Dengan Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, dan wawancara.
Dari hasil analisis data diperoleh hasil Ha diterima, HO ditolak. sehingga terdapat
perbedaan signifikan nilai hasil belajar Bahasa Arab siswa kelas XII Multimedia-3, sebelum
dan sesudah menggunakan bahan ajar Nahu sebagai penunjang pembelajaran Bahasa Arab.
Selanjutnya dari nilai rata-rata X2=77, 37, dan nilai rata-rata X1=62,79, yang berarti nilai
Post-test lebih tinggi dari nilai Pre-test. Terdapat perbedaan yang cukup signifikan
pemahaman kognitif terhadap buku ajar yang dikembangkan.