Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Tanjung, Syafridah Hanum
Subject
371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Datestamp
2020-12-23 06:59:51
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan
Komunikasi Matematis dan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar
menggunakan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) dan
pembelajaran Model Jigsaw.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi
eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 5 Binjai,
Tahun Ajaran 2018-2019 yang berjumlah 120 siswa.
Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA). Hasil temuan
ini menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan kemampuan Komunikasi Matematis
siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran NHT dan Pembelajaran
Jigsaw, dengan Qhit (5,64) > Qtabel (2,89); 2) Terdapat perbedaan kemampuan
pemahaman konsep matematis siswa yang diajar menggunakan model
pembelajaran NHT dan Pembelajaran Jigsaw pada materi Differensial
Trigonometri, dengan Qhit (5,49) > Qtabel (2,89); 3) Terdapat perbedaan
kemampuan Komunikasi Matematis dan pemahaman konsep matematis siswa
yang diajarkan menggunakan model pembelajaran NHT dan Pembelajaran Jigsaw
pada materi Differensial trigonometri, dengan Qhit (4,57) > Qtabel (2,83). Begitu
juga pada kedua kemampuan dengan Qhit (10,53) > Qtabel (2,83); 4) Terdapat
interaksi yang signifikan antara model pembelajaran yang digunakan terhadap
kemampuan Komunikasi Matematis dan pemahaman konsep matematis siswa.
Simpulan penelitian ini menjelaskan bahwa kemampuan Komunikasi
matematis dan pemahaman konsep matematis siswa lebih sesuai diajarkan dengan
model pembelajaran NHT daripada model Pembelajaran Jigsaw.