DETAIL DOCUMENT
Penerapan Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Rekomendasi Promosi Produk
Total View This Week44
Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Suriani, Lili
Subject
005 Computer programming, programs, data 
Datestamp
2020-02-06 06:01:41 
Abstract :
Promosi dan stategi pemasaran sebuah produk memegang penting untuk memperluas jaringan penjualan yang berdampak pada perolehan keuangan usaha (laba dan rugi). Ada 2 pendekatan pemasaran yang dapat digunakan baik secara online dan offline Rekomendasi promosi produk merupakan model aplikasi dari hasil observasi terhadap keadaan dan keinginan pelanggan untuk membeli suatu produk. Rekomendasi promosi produk memanfaatkan pendapat pelanggan terhadap suatu barang untuk membantu pelanggan dalam memilih produk. Data mining adalah analisis dari peninjauan kumpulan data untuk menemukan hubungan yang tidak diduga dan meringkas data dengan cara yang berbeda dengan sebelumnya, yang dapat dipahami dan bermanfaat bagi pemilik data. Metode yang digunakan adalah agloritma apriori dengan aturan asosiasi dengan memanfaatkan data transaksi penjualan accesoris hp pada tahun 2018 sebanyak 45 transaksi dan menentukan minimum support sebesar > 4 % dan minimum confidence sebesar > 60%. Hasil pengujian data mining ini dilakukan untuk mengetahui peningkatkan penjualan pada data penjualan produk Acsesoris hp di toko 999 Muhammad Alipta dengan penerapan algoritma apriori dan menggunakan metode asosiasi yang dapat membantu menemukan data produk penjualan Acsesoris hp yang sering dibeli dan jarang dibeli oleh konsumen dengan menggunakan dan memanfaatkan 3 startegi pemasaran yakni Cros-selling, Up-selling, dan Hundling untuk rekomendasi promosi produk yang dalam meningkatkan data penjualan. 

Institution Info

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan