DETAIL DOCUMENT
Aspek pendidikan akhlak dalam Al-Quran Surah Al- Hujarat (Kajian Tafsir al-Maraghi)
Total View This Week46
Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Tanjung, Raudoh Hilwah
Subject
2X1.45 Ayat-ayat mengenai akhlak 
Datestamp
2020-06-12 01:37:44 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Aspek Pendidikan Akhlak dalam Quran Surah al-Hujarat ayat 11-13 (Kajian Tafsir al-Maraghi) 1. Untuk mengetahui konsep pendidikan akhlak, 2. Untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak. Penelitian ini adalah jenis penelitian library research, dan penelitian ini menggunakan pendekatan maudhu’i dengan metode analisis content. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tahapan pengumpulan data dalam Al-Quran, penentuan unit analisis, sampling, reduksi data, penarikan inferensi, dan analisis. Data dianalisis dengan menggunakan pendekatan maudhu’i untuk menganalisis surah/ayat dan menggunakan teknik yang dinyatakan Klaus Krippendorf yaitu teknik meringkas data, teknik analisis kontigensi, dan teknik korelasi. Data penelitian diperiksa keabsahan datanya dengan trianggulasi data, trianggulasi mertode, trianggulasi teori. Tujuan penelitian ini menunjukkan Aspek pendidikam akhlak dalam Q.S. Al-Hujarat ayat 11-13 (kajian tafsir al-Maraghi) dapat ditemukan bahwa konsep pendidkan akhlak adalah pindidikan prilaku, atau suatu proses mendidik, memelihara, membentuk, dan memberikan latihan mengenai akhlak seseorang dan cara-cara mendidik. Al-Quran sebagai kitab penuntun bagi semua umat manusia menjelaskan penyelesaian berbagai konflik. Allah melarang manusia untuk saling mengolok-olok, mencela,dan menghina. Dengan cara memiliki sikap saling menghargai, menghormati, dan menerima setiap perbedaan yang ada. Nilai-nilai pendidikan akhlak berupa a) nilai saling menghrgai b) lemah lembut c)prasangka baik (husnuzan) d) jujur (berkata benar) dan e) ta’aruf (saling mengenal). 
Institution Info

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan