Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui bagaimana guru BK
memotivasi berpenampilan rapi melalui layanan informasi pada siswa kelas VIII
di MTs. Ak-Manar Medan Johor. 2) Menggambarkan faktor pendukung dan
penghambat guru BK dalam berpenampilan rapi di madrasah menguatkan melalui
Layanan Informasi pada siswa kelas VIII di MTs. Al-Manar Medan Johor. 3)
Mendeskripsikan hasil dari implementasi guru Bk dalam memotivasi siswa untuk
berpenampilan rapi melalui layanan informasi pada siswa kelas VIII di MTs. AlManar Medan Johor.
Adapun subjek dalam penelitian ini adalah guru BK, PKS III, dan siswa di
MTs. Al-Manar Medan Johor. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif
deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan
studi dokumentasi. Adapun teknik analisis data dilakukan secara mereduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah 1) implemenasi layanan
informasi dalam memotivasi siswa berpenampilan rapi yang dilakukan guru BK
berjalan dengan baik sesuai dengan kebutuhan siswa. Guru BK bekerja sama
dengan PKS dan juga orangtua. 2) Faktor pendukung adalah peran orangtua di
rumah, motivasi yang besar dari guru BK, dan hadiah serta nilai bagus di rapot.
Faktor penghambat adalah kemajuan zaman, orang tua yang tidak peduli
dengan anak, anak yang mengalami broken home, temen sekitar dan orang tua
yang bekerja di waktu anak belum berangkat sekolah sehingga orang tua tidak
melihat penampilan anaknya di waktu pergi sekolah. 3) Hasil dari yang diberikan
dari guru BK kepada siswa beragam, penampilan siswa sesuai yang di harapkan
madrasah, siswa tidak terpengaruh oleh zaman, jiwa bersaing dengan temanteman terlihat jelas dengan di berikannya hadiah dan nilai bagus di rapot