DETAIL DOCUMENT
Manajemen Pembelajaran Pada Dayah Darussa‘adah Pusat Teupin Raya Kecamatan Glumpang Tiga Kabupaten Pidie
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Diauddin, Diauddin
Subject
2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren 
Datestamp
2020-10-13 04:56:29 
Abstract :
Penelitian ini mengkaji manajemen pembelajaran. Obyek utama penelitian ini dipusatkan pada Dayah Darussa?adah Pusat Teupin Raya, kecamatan Glumpang Tiga, Kabupaten Pidie, yaitu sebuah dayah yang memiliki keunikan dengan usia lebih kurang 50 tahun dayah ini telah memiliki 120 cabang dan ranting yang tersebar di Aceh dan luar Aceh, dengan manajemen yang dimiliki oleh Dayah Darussa?adah ini sudah mampu membuat lembaga ini sangat berkembang dan banyak diminati oleh masyarakat baik di dalam maupun luar Aceh, terbukti dengan jumlah thalib aktif dan Alumni secara keseluruhan sekarang lebih kurang berjumlah 120.000 (seratus dua puluh ribu) orang thalib beserta alumninya. Dan alumninya juga telah tersebar diberbagai bidang profesi. Penelitian ini mencoba untuk melihat fenomena tentang manajemen pembelajaran yang dijalankan pada Dayah Darussa?adah Pusat Teupin Raya, Kecamatan Glumpang Tiga, Kabupaten Pidie. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui rancangan model studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui: (1) wawancara mendalam; (2) observasi partisipan; (3) studi dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Perencanaan pembelajaran meliputi: Rapat pimpinan dengan dewan guru, membuat jadwal pengajaran, alokasi waktu, materi pembelajaran, program tahunan dan semester. Merencanakan sarana prasarana yang layak, media belajar, dan masa pembelajaran selama tujuh tahun. Kurikulum pembelajaran didasari pada kajian kitab kuning yaitu ilmu Tahuhid, ilmu, fikih, ilmu tasawuf, ilmu mantiq, ilmu balaghah, ilmu tafsir, ilmu alat dan ilmu falak. Kedua, Pelaksanaan pembelajaran meliputi, kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan akhir, materi pelajaran yang telah direncanakan, metode pembelajaran yang digunakan; metode hafalan, soragan, bodogan, demonstrasi, bahatsul masail (diskusi) dan metode ceramah. media pembelajaran yang dipakai; papan tulis, perpustakaan, mimbar dakwah, buku-buku, layar infokus, alat peraga dan sebagainya. Ketiga, Pengorganisasian pembelajaran meliputi, urutan materi pelajaran didasari pada susunan bab dalam kitab, kajian dimulai dari kitab matan, dilanjutkan dengan kitab pensyarah. Kelas dibatasi 15 hingga 20 thalib agar tercapai kondisi optimal. Sebelum mengajar guru merancang, dan mempersiapkan materi yang akan disampaikan kepada thalib. memilih metode yang tepat sesuai dengan materi dan jenjang kelas. Keempat, Pengkoordinasian pembelajaran meliputi koordinasi pimpinan dengan guru, koordinasi antar guru, koordinasi antar materi pelajaran dan koordinasi guru dengan orang tua thalib. Kelima, Evaluasi pembelajaran menggunakan penilaian proses dan Penilaian hasil yaitu penilaian tengah semester dan akhir semester, Keenam, Supervisi pembelajaran meliputi: bantuan, pendampingan dan remedial. 
Institution Info

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan