DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV MIS Raudathul Amanah Marelan Tahun Ajaran 2018/2019
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Tanjung, Meli Afsah
Subject
2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak 
Datestamp
2020-10-16 04:31:54 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV MIS Raudathul Amanah Marelan Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Postest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MIS Raudathul Amanah Marelan Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 59 siswa dan sampelnya adalah kelas IV-A yang berjumlah 30 siswa dan kelas IV-B yang berjumlah 29 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dengan jenis sampling jenuh. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berbentuk tes pilihan berganda. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Independent Sample t Test dengan bantuan SPSS versi 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPS siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray memiliki nilai rata-rata postest sebesar 86,67 berada pada katagori baik. Sedangkan hasil belajar IPS siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional memiliki nilai rata-rata postest sebesar 62,24 berada pada katagori cukup. Pada pengujian Independent Sample t Test diperoleh nilai thitung = 7,638 dan nilai Sig. (2- tailed) bernilai 0,000. Nilai distribusi ttabel dilihat berdasarkan df = 57 dengan taraf signifikan 
Institution Info

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan