DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah al-Ulum Medan
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Hayati, Mutia
Subject
2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah 
Datestamp
2020-10-16 05:23:00 
Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi oleh model pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariatif sehingga siswa pasif dalam mengikuti pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif berbentuk penelitian eksperimen. yaitu penelitian yang membandingkan dua kelompok sampel yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas VIII 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 4 sebagai kelas kontrol. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Swasta Al-Ulum Medan. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa di kelas VIII 5 sebagai kelas ekperimen yaitu kelas yang mendapat perlakuan dengan model pembelajaran make a match adalah dengan nilai rata-rata pre test adalah 58,75 dan nilai rata-rata post test adalah 86. Sedangkan hasil belajar siswa di kelas VIII 4 sebagai kelas kontrol yang mendapat perlakuan dengan model pembelajaran konvensional adalah dengan rata-rata pre test yaitu 53 dan nilai ratarata post test yaitu 76 Kemudian setelah dilakukan uji hipotesis, diperoleh hasil uji hipotesis dengan thitung = 5,96 > ttabel 2,00 , maka Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran make a match berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VIII di MTs Swasta Al Ulum Medan 
Institution Info

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan