Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi oleh model pembelajaran yang digunakan guru kurang
bervariatif sehingga siswa pasif dalam mengikuti pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif berbentuk penelitian eksperimen. yaitu penelitian yang membandingkan dua
kelompok sampel yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas VIII 5 sebagai kelas eksperimen
dan kelas VIII 4 sebagai kelas kontrol.
Tujuan penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran make a
match terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Swasta Al-Ulum Medan.
Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa di kelas
VIII 5 sebagai kelas ekperimen yaitu kelas yang mendapat perlakuan dengan model pembelajaran
make a match adalah dengan nilai rata-rata pre test adalah 58,75 dan nilai rata-rata post test adalah
86. Sedangkan hasil belajar siswa di kelas VIII 4 sebagai kelas kontrol yang mendapat perlakuan
dengan model pembelajaran konvensional adalah dengan rata-rata pre test yaitu 53 dan nilai ratarata post test yaitu 76
Kemudian setelah dilakukan uji hipotesis, diperoleh hasil uji hipotesis dengan thitung = 5,96 >
ttabel 2,00 , maka Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran make a match
berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VIII di MTs Swasta Al
Ulum Medan