Abstract :
Sistem pelayanan adalah menurut arti kata, sistem adalah cara teratur prosedur-prosedur untuk
melakukan sesuatu. Sistem pelayanan sebenarnya merupakan satu kesatuan faktor yang
dibutuhkan dalam terselenggaranya suatu sistem pelayanan. Sistem pelayanan juga pada
dasarnya adalah suatu kerangka dari prosedur-prosedur dan metode-metode yang saling
berhubungan, yang disusun sesuai dengan skema yang menyeluruh untuk melaksanakan suatu
kegiatan atau fungsi utama dari perusahaan yang dihasilkan dengan proses tertentu yang
bertujuan untuk menyediakan informasi, memberikan pelayanan dengan memenuhi
kepentingan masyarakat dalam menciptakan pelayanan yang baik dengan proses dalam sistem
pelayanan. Membantu mengambil keputusan manajemen operasi perusahaan dari hari ke hari
serta menyediakan informasi yang layak untuk diinformasikan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Sistem Pelayanan Humas Universitas Islam
Negeri Sumatera Utara Dalam Membangun Citra Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Penelitian ini menggunakan teori dari citra dan kualitas pelayanan yang dikemukakan oleh
Frank Jefkins dan Mardi Jhon Harrowitz, sedangkan teori dari kualitas pelayanan dikemukan
oleh Ridwan dan sudarajat dan Bharata. Metode pada penelitian ini menggunakan pendekatan
deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian menujukkan bahwa dalam sistem pelayanan humas universitas islam
negeri sumatera utara memberikan citra yang positif kepada masyarakat