DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Pada Materi Sistem Koordinasi Terhadap Hasil Belajar Kelas XI IPA Pondok Pesantren Darul Qur’an
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Aisyah, Nur
Subject
2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren 
Datestamp
2020-10-20 07:03:35 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek(project based learning)terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA Pondok Pesantren Darul Qur?an. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA Pondok Pesantren Darul Qur?an yang berjumlah 60 siswa. Sampel yang digunakan adalah kelas XI MIA 1 sebagai kelas kontrol berjumlah 30 siswa dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen berjumlah 30 siswa . Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji hipotesis. Hasil rata-rata pada kelas eksperimen adalah 85.07 dikategorikan baik dalam memenuhi nilai KKM dan rata-rata pada kelas kontrol adalah 78.40 dikategorikan baik dalam memenuhi nilai KKM. Berdasarkan hasil analisis nilai t-hitung sebesar 6.667 > nilai t-tabel 2.042, yang artinya bahwa H0 ditolak dan HA diterima. Hal ini menunjukkan ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunkan model pembelajaran Project Based Learning dan konvensional pada materi Sistem Koordinasi di kelas XI IPA Pondok Pesantren Darul Qur?an. Analisis rekapitulasi penilaian yang digunakan pada kelas eksperimen pada persentasi penilaian proyek yaitu sebesar 94% termasuk kategori tinggi, persentase penilaian poster yaitu sebesar 88% termasuk kategori tinggi, persentase penilaian persentasi yaitu sebesar 90% termasuk kategori tinggi. 
Institution Info

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan