Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Aisyah, Nur
Subject
2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren
Datestamp
2020-10-20 07:03:35
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
berbasis proyek(project based learning)terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA
Pondok Pesantren Darul Qur?an. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas XI IPA Pondok Pesantren Darul Qur?an yang berjumlah 60 siswa. Sampel
yang digunakan adalah kelas XI MIA 1 sebagai kelas kontrol berjumlah 30 siswa
dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen berjumlah 30 siswa .
Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji hipotesis. Hasil rata-rata
pada kelas eksperimen adalah 85.07 dikategorikan baik dalam memenuhi nilai
KKM dan rata-rata pada kelas kontrol adalah 78.40 dikategorikan baik dalam
memenuhi nilai KKM. Berdasarkan hasil analisis nilai t-hitung sebesar 6.667 >
nilai t-tabel 2.042, yang artinya bahwa H0 ditolak dan HA diterima. Hal ini
menunjukkan ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunkan model
pembelajaran Project Based Learning dan konvensional pada materi Sistem
Koordinasi di kelas XI IPA Pondok Pesantren Darul Qur?an.
Analisis rekapitulasi penilaian yang digunakan pada kelas eksperimen pada
persentasi penilaian proyek yaitu sebesar 94% termasuk kategori tinggi, persentase
penilaian poster yaitu sebesar 88% termasuk kategori tinggi, persentase penilaian
persentasi yaitu sebesar 90% termasuk kategori tinggi.