DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Media Pembelajaran Audiopvisual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Mata Pelajaran IPA Di SD Swasta Tunas Bangsa Medan
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Nurzakiah, Nurzakiah
Subject
371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 
Datestamp
2020-10-26 05:26:49 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis siswa mata pelajaran IPA di SD Swasta Tunas Bangsa Medan. Penelitian ini di lakukan di SD Swasta Tunas Bangsa Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasy Eskperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Swasta Tunas Bangsa Medan yang berjumlah 50. Sampel penelitian ini ada dua kelas yang terdiri atas satu kelas eksperimen (VB) dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang dan satu kelas kontrol (VA) dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui berpikir kritis siswa mata pelajaran IPA adalah tes essai berupa post-test yang berjumlah 10 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mengunakan uji t. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis siswa mata pelajaran IPA Di SD Swasta Tunas Bangsa Medan. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata berpikir kritis siswa mata pelajaran IPA berturutturut adalah 88 dan 74. Hal ini juga dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis dimana thitung > ttabel yaitu 3,974 > 1,708 
Institution Info

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan