DETAIL DOCUMENT
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Market Place Activity Pada Mata Pelajaran Fikih di Kelas VIII MTs Al Jam’iyatul Washliyah Tembung
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Nurhidayah, Nurhidayah
Subject
2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam 
Datestamp
2020-10-26 05:35:05 
Abstract :
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) Hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode Market Place Activity pada mata pelajaran Fikih di kelas VIII MTs Al-Jam?iyatul Washliyah Tembung. (2) Hasil belajar siswa sesudah menggunakan metode Market Place Activity pada mata pelajaran Fikih di kelas VIII MTs Al-Jam?iyatul Washliyah Tembung. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah kelas VIII I MTs Al-Jam?iyatul Washliyah Tembung, yang terdiri dari 32 siswa. Berdasarkan hasil penelitian bahwa: (1) Hasil Pre Test yang dilakukan hanya 5 siswa yang mampu mencapai nilai ketuntasan, sementara 27 siswa lainnya tidak tuntas, rata-rata nilai yang diperoleh 60 dengan persentase klasikal 16%. (2) Pada siklus I yang mampu mencapai nilai ketuntasan hanya 9 siswa sementara 23 siswa lainnya belum mencapai nilai ketuntasan dengan rata-rata nilai 68 persentase klasikal 28%. Kemudian pada siklus II siswa yang sudah mampu mencapai nilai ketuntasan sebanyak 28 siswa sedangkan siswa yang belum tuntas berjumlah 4 siswa dengan nilai rata-rata 80 dan persentase klasikal 87%. Berdasarkan hal di atas maka metode Market Place Activity dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih. 
Institution Info

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan