Abstract :
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) Hasil belajar siswa sebelum
menggunakan metode Market Place Activity pada mata pelajaran Fikih di kelas VIII
MTs Al-Jam?iyatul Washliyah Tembung. (2) Hasil belajar siswa sesudah
menggunakan metode Market Place Activity pada mata pelajaran Fikih di kelas VIII
MTs Al-Jam?iyatul Washliyah Tembung.
Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom
Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah kelas VIII I MTs Al-Jam?iyatul
Washliyah Tembung, yang terdiri dari 32 siswa.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa: (1) Hasil Pre Test yang dilakukan hanya
5 siswa yang mampu mencapai nilai ketuntasan, sementara 27 siswa lainnya tidak
tuntas, rata-rata nilai yang diperoleh 60 dengan persentase klasikal 16%. (2) Pada
siklus I yang mampu mencapai nilai ketuntasan hanya 9 siswa sementara 23 siswa
lainnya belum mencapai nilai ketuntasan dengan rata-rata nilai 68 persentase klasikal
28%. Kemudian pada siklus II siswa yang sudah mampu mencapai nilai ketuntasan
sebanyak 28 siswa sedangkan siswa yang belum tuntas berjumlah 4 siswa dengan
nilai rata-rata 80 dan persentase klasikal 87%. Berdasarkan hal di atas maka metode Market Place Activity dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran
Fikih.