Abstract :
Komunikasi interpersonal adalah proses mentransfer informasi, pikiran, dan sikap
tertentu antara dua orang atau lebih yang mengubah pesan sebagai komunikator.
Pelayanan kesehatan adalah upaya, kegiatan atau kegiatan kesehatan yang
bertujuan untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal atau maksimal dari
seseorang / masyarakat.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi interpersonal Dalam
meningkatkan kualitas pelayanan BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Umum Melati
Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai. Penelitian ini menggunakan
teori komunikasi interpersonal yang dikemukakan oleh Kumar. Penelitian ini
menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data,
wawancara, observasi, dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan komunikasi interpersonal untuk
meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di BPJS Rumah Sakit Umum Melati
Kecamatan Perbaungan sudah optimal.