Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Asman, Selviana
Subject
371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Datestamp
2020-10-27 05:33:47
Abstract :
Tujuan Penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Minat Belajar IPS Materi
Keanekaragaman Suku dan Budaya Setempat Melalui Strategi TPS (Think Paer
Share) Pada Kelas IV SD Muhammadiyah 28 kel. Pulo Brayan Darat Medan T.A
2018/2019. Skripsi. Medan, Jurusan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Fakultas
Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Medan 2019.
Penelitian ini merupakan jenis Tindakan Kelas, dengan subjek penelitian
siswa kelas IV SD Muhammadiyah 28 Pulo Brayan Darat Medan yang berjumlah
20 orang siswa, laki laki berjumlah 10 sedangkan perempuan berjumlah 10 siswa.
Desain penelitian menggunakan Strategi TPS (Think Paer Share). Penelitian ini
dilaksanakan dalam dua siklus. Data dikumpulkan dengan tehnik Angket danTes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan minat belajar IPS
siswa kelas IV SD Muhammadiyah 28 Pulo Brayan Darat Medan, Hasil ini
dibuktikan dengan hal-hal berikut: minat belajar IPS terjadi peningkatan mengenai
jumlah siswa yang berhasil memenuhi ketuntasan. Siklus pertama yang tuntas
sebanyak 12 siswa (60 %) dengan nilai rata ? rata 69,5 dan pada siklus ke II yang
tuntas sebanyak 17 siswa (85%) dengan nilai rata ? rata 7,7.Berdasarkan hasil
penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran materi
Keanekaraaman Suku Dan Budaya melalui strategi pembelajaran kooperatif TPS
dan penilaian autentik dapat meningkatkan hasil belajar siswa.