Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Asy Syafa, Dhia
Subject
372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Datestamp
2020-11-02 06:34:27
Abstract :
Tujuan dari penelitian: (1) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa
pada mata pelajaran PKn sebelum menggunakan metode Mind Mapping (2) Untuk
mengetahui bagaimana penerapan metode Mind Mapping (3) Untuk mengetahui
bagaimana respon siswa setelah menerapkan metode Mind Mapping.
Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
menggunakan tahapan berupa siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas V SD Swasta Yayasan At-Taufiq di semester II sebanyak 30
orang siswa, yang terdiri dari 9 siswa perempuan dan 21 siswa laki-laki.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Kemampuan
menulis siswa sebelum menggunakan metode Mind Mapping yaitu siswa yang tuntas
berjumlah 12 orang atau dengan persentase 40%. (2) Kemampuan menulis siswa
setelah menggunakan metode Mind Mapping yaitu pada siklus I siswa yang tuntas
berjumlah 18 orang atau dengan persentase 60%. Selanjutnya pada siklus II siswa
yang tuntas berjumlah 27 orang atau dengan persentase 90%. Hal ini menunjukkan
bahwa kemampuan siswa dalam menulis laporan pengamatan telah mencapai tingkat
ketuntasan belajar klasikal 90%. (3) Respon siswa dengan menggunakan metode
Mind Mapping dalam pembelajaran PKn adalah positif. Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Mind Mapping dapat
meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis laporan pengamatan.