DETAIL DOCUMENT
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Dalam Di Kelas V SD Swasta Yayasan At-Taufiq Kecamatan Medan Tembung Tahun Ajaran 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Asy Syafa, Dhia
Subject
372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah) 
Datestamp
2020-11-02 06:34:27 
Abstract :
Tujuan dari penelitian: (1) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn sebelum menggunakan metode Mind Mapping (2) Untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Mind Mapping (3) Untuk mengetahui bagaimana respon siswa setelah menerapkan metode Mind Mapping. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan tahapan berupa siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Swasta Yayasan At-Taufiq di semester II sebanyak 30 orang siswa, yang terdiri dari 9 siswa perempuan dan 21 siswa laki-laki. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Kemampuan menulis siswa sebelum menggunakan metode Mind Mapping yaitu siswa yang tuntas berjumlah 12 orang atau dengan persentase 40%. (2) Kemampuan menulis siswa setelah menggunakan metode Mind Mapping yaitu pada siklus I siswa yang tuntas berjumlah 18 orang atau dengan persentase 60%. Selanjutnya pada siklus II siswa yang tuntas berjumlah 27 orang atau dengan persentase 90%. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis laporan pengamatan telah mencapai tingkat ketuntasan belajar klasikal 90%. (3) Respon siswa dengan menggunakan metode Mind Mapping dalam pembelajaran PKn adalah positif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis laporan pengamatan. 
Institution Info

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan