Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Amdira, Mita Tryka
Subject
2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Datestamp
2020-11-02 06:40:40
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) seberapa besar peningkatan
hasil belajar IPA setelah diterapkan model mind mapping berbantuan media
couple cards pada siswa kelas V MIS Bidayatul Hidayah Rafa tahun ajaran
2019/2020, (2) seberapa besar perbedaan hasil belajar IPA menggunakan model
mind mapping berbantuan media couple cards dengan pembelajaran konvensional
pada siswa kelas V MIS Bidayatul Hidayah Rafa Tahun Ajaran 2019/2020, dan
(3) seberapa besar pengaruh model mind mapping berbantuan media couple cards
terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V MIS Bidayatul Hidayah Rafa Tahun
Ajaran 2019/2020.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen jenis Quasi
Eksperimental Design dengan tipe pretest-posttest group design. Populasi
penelitian ini adalah seluruh siswa/i kelas V yang berjumlah 72 orang, sedangkan
sampel penelitian adalah siswa/i kelas V Yordania yang berjumlah 23 orang
sebagai kelas eksperimen dan siswa/i kelas V Irak yang berjumlah 22 orang
sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini menggunakan pretest dan posttest.
Teknik pengumpulan data dengan wawancara, studi dokumentasi, dan tes.
Sedangkan teknik analisis data dengan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pretest kelas eksperimen
sebesar 51,9565 sedangkan nilai posttest nya sebesar 77,8261 dengan nilai dari 65
ke 90. Sedangkan rata-rata nilai pretest kelas kontrol sebesar 44,545 sedangkan
nilai posttest nya sebesar 66,364 dengan nilai dari 60 ke 80. Berdasarkan hasil
perhitungan uji t, didapatkan thitung = 4,941 dengan ttabel = 2,021 pada taraf
signifikan 5 % dan dk 43. Dengan demikian, thitung > ttabel maka Ha diterima dan
H0 ditolak.