Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Iqbal, Muhammad
Subject
2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Datestamp
2020-11-03 05:00:20
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan strategi pembelajaran
kooperatif tipe CIRC dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran
Bahasa Indonesia materi menyusun kerangka karangan berdasarkan gambar, (2) respon siswa
terhadap penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe CIRC pada mata pelajaran Bahasa
Indonesia materi menyusun kerangka karangan berdasarkan gambar, (3) peningkatan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menyusun kerangka karangan
berdasarkan gambar dengan menerapkan strategi pembelajaran kooperatif tipe CIRC.
Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus dan
untuk tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi melalui
penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe (CIRC) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia
materi Menyusun Kerangka Karangan Berdasarkan Gambar. Penelitian ini dilaksanakan di
MIS Azrina Kecamatan Marelan Raya Kota Medan. Subjek penelitian adalah siswa/i kelas IV
dengan jumlah siswa/i 20 orang.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa: (1) Penggunaan strategi
pembelajaran kooperatif tipe CIRC merupakan strategi pembelajaran efektif dalam
meningkatkan hasil belajar siswa dan menarik perhatian siswa. (2) Respon siswa dalam
penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe CIRC adalah positif. (3) Melalui strategi
pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini terbukti dari
nilai rata-rata siswa pada sebelum diterapkannya strategi pembelajaran kooperatif tipe CIRC
yaitu 5,35%, pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 69,5%, pada siklus II diperoleh nilai rata-
rata 85% dengan ketuntasan klasikal sebesar 90%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran kooperatif
tipe CIRC dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi
Menyusun Kerangka Karangan Berdasarkan Gambar.