DETAIL DOCUMENT
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menyusun Kerangka Karangan Berdasarkan Gambar melalui Strategi Pembelajaran CIRC (Cooperative, Integrated, Reading and Composition ) Pada Siswa Kelas IV MIS Azrina Kecam
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Iqbal, Muhammad
Subject
2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak 
Datestamp
2020-11-03 05:00:20 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe CIRC dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menyusun kerangka karangan berdasarkan gambar, (2) respon siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe CIRC pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menyusun kerangka karangan berdasarkan gambar, (3) peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menyusun kerangka karangan berdasarkan gambar dengan menerapkan strategi pembelajaran kooperatif tipe CIRC. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus dan untuk tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi melalui penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe (CIRC) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Menyusun Kerangka Karangan Berdasarkan Gambar. Penelitian ini dilaksanakan di MIS Azrina Kecamatan Marelan Raya Kota Medan. Subjek penelitian adalah siswa/i kelas IV dengan jumlah siswa/i 20 orang. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa: (1) Penggunaan strategi pembelajaran kooperatif tipe CIRC merupakan strategi pembelajaran efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan menarik perhatian siswa. (2) Respon siswa dalam penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe CIRC adalah positif. (3) Melalui strategi pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini terbukti dari nilai rata-rata siswa pada sebelum diterapkannya strategi pembelajaran kooperatif tipe CIRC yaitu 5,35%, pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 69,5%, pada siklus II diperoleh nilai rata- rata 85% dengan ketuntasan klasikal sebesar 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Menyusun Kerangka Karangan Berdasarkan Gambar. 
Institution Info

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan