Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Lastari, Ramadhani
Subject
371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Datestamp
2020-11-03 05:14:51
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Bagaimana peran guru
pkn sebagai Educator dalam meningkatkan moral siswa di SDN 056022 Paya
Perupuk Kec. Tanjung Pura Kab. Langkat (2) Bagaimana peran guru pkn sebagai
motivator dalam meningkatkan moral siswa di SDN 056022 Paya Perupuk Kec.
Tanjung Pura Kab. Langkat (3) Bagaimana peran guru pkn sebagai Evaluator
dalam meningkatkan moral siswa di SDN 056022 Paya Perupuk Kec. Tanjung
Pura Kab. Langkat (4) Apa faktor Pendukung dan Penghambat Guru PKn dalam
Meningkatkan Moral Siswa Di SDN 056022 Paya Perupuk Kec. Tanjung Pura
Kab. Langkat.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data peneliti
diperoleh melalui observasi , wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan
menggunakan reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru PKn sudah efektif, peran
sebagai pendidik dalam peningkatan moral mempunyai nilai yang positif
dilakukan pada anak didik. Pendidikan dan motivasi yang diberikan kepada anak
didik tersebut berupa kebiasaan-kebiasaan serta contoh suri tauladan yang baik,
yang dilakukan dilingkungan keluarga (orang tua), lingkungan sekolah (guru) dan
lingkungan masyarakat. Faktor pendukung dan penghambat bagi peran guru PKn
dalam meningkatkan moral siswa adalah faktor yang timbul dari lingkungan
keluarga dan latar belakang orang tua dan juga watak karakter siswa itu sendiri.
Sedangkan faktor penghambatnya ialah yang bersumber dari dalam diri siswa,
selain itu faktor lingkungan dan teknologi yang menjerumuskan siswa pada
pergaulan bebas serta faktor lingkungan yang negatif.