Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan,
dan penilaian dari implementasi pembelajaran biologi berbasis daring pada masa
pandemi Covid-19 di MAN 1 Mandailing Natal. Penelitian ini merupakan
penelitian kualitatif dengan metode dekskriptif terhadap subjek penelitian yang
ada di lapangan dan diperoleh data yang berasal dari wawancara, observasi, dan
studi dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dari Juli-September 2020 dengan
subjek penelitian kepala sekolah, guru biologi, siswa. Berdasarkan analisis data
diketahui hasil penelitian bahwa implementasi pembelajaran biologi meliputi 3
proses yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Perencanaan berupa
pendataan kondisi dan nomor telepon siswa lalu membuat grup WhatsApp,
menyiapkan rancangan perencanaan pembelajaran (RPP), menyiapkan bahan
materi, menentukan media pembelajaran. Pelaksanaan yaitu kegiatan
pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup pembelajaran. 1) Kegiatan pendahuluan
berupa mengisi absensi melalui google form dan penyampaian tujuan
pembelajaran pada google classroom, 2) kegiatan inti berupa penyampaian materi,
sesi tanya jawab dan diskusi, 3) kegiatan penutup berupa penarikan kesimpulan
dan penugasan. Penilaian yang dilakukan berupa penilaian pengetahuan dan
penilaian keterampilan. 1) Penilaian pengetahuan dilihat dari hasil tes pilihan
ganda/uraian, diskusi tanya jawab dan percakapan serta penugasan, 2) Penilaian
keterampilan dilihat dari hasil penugasan proyek, produk, dan penilaian
portofolio. Pembelajaran biologi berbasis daring menjadikan kegiatan
pembelajaran tetap dapat dilaksanakan pada masa pandemi Covid-19.