Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Aini, Ainun
Subject
372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Datestamp
2020-11-03 06:15:39
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Social Inquiry
terhadap hasil belajar PKn siswa Kelas V SD Negeri 064966 Kecamatan Medan
Perjuangan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 064966 Kecamatan
Medan Perjuangan. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V-A sebagai kelas
eksperimen dan kelas V-B sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa dengan penggunaan strategi Social Inquiry memililki pengaruh terhadap
hasil belajar PKn, dengan rata-rata hasil belajar 87,6. Sedangkan rata-rata hasil
belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran langsung adalah 74,4.
Peneliti menyarankan, agar peneliti lain dapat menerapkan strategi social inquiry
ini pada mata pelajaran lain yang memiliki karakter materi sosial, seperti mata
pelajaran IPS sebagai bentuk inovasi baru.