DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Strategi Social Inquiry Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas V SD Negeri 064966 Kecamatan Medan Perjuangan Tahun Ajaran 2018/2019
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Aini, Ainun
Subject
372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah) 
Datestamp
2020-11-03 06:15:39 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Social Inquiry terhadap hasil belajar PKn siswa Kelas V SD Negeri 064966 Kecamatan Medan Perjuangan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 064966 Kecamatan Medan Perjuangan. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V-A sebagai kelas eksperimen dan kelas V-B sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penggunaan strategi Social Inquiry memililki pengaruh terhadap hasil belajar PKn, dengan rata-rata hasil belajar 87,6. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran langsung adalah 74,4. Peneliti menyarankan, agar peneliti lain dapat menerapkan strategi social inquiry ini pada mata pelajaran lain yang memiliki karakter materi sosial, seperti mata pelajaran IPS sebagai bentuk inovasi baru. 

File :
96159.pdf
Institution Info

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan