DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V di MIS Nurul Yaqin Burhaniyah Tanjung Morawa
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Nianda, Fitkha
Subject
372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar 
Datestamp
2020-11-03 06:43:10 
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Hasil belajar Matematika siswa kelas V dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional di MIS Nurul Yaqin Burhaniyah Tanjung Morawa (2) Hasil belajar Matematika siswa kelas V dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning di MIS Nurul Yaqin Burhaniyah Tanjung Morawa (3) Pengaruh penggunaan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V di MIS Nurul Yaqin Burhaniyah Tanjung Morawa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif eksperimen. Penelitian ini dilakukan di MIS Nurul Yaqin Burhaniyah Kecamatan Tanjung Morawa. Sampel dalam penelitian terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berjumlah 53 siswa. Pengumpulan data ini menggunakan hasil pre-test dan post-test soal pilihan ganda. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan (1) Hasil belajar Matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional memperoleh rata-rata 73,6. (2) Hasil belajar Matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning memperoleh rata-rata 80,17. (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran Role Playing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas V di MIS Nurul Yaqin Burhaniyah Tanjung Morawa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji-t yang diperoleh thitung > ttabel = 2,494 > 1,675 dengan taraf signifikan = 0,05 sehingga dinyatakan Ha diterima. Kesimpulan dalam penelitian menjelaskan bahwa hasil belajar Matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional di kelas V MIS Nurul Yaqin Burhaniyah Tanjung Morawa. 
Institution Info

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan