Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Hasil belajar
Matematika siswa kelas V dengan menggunakan model pembelajaran
Konvensional di MIS Nurul Yaqin Burhaniyah Tanjung Morawa (2) Hasil belajar
Matematika siswa kelas V dengan menggunakan model pembelajaran Discovery
Learning di MIS Nurul Yaqin Burhaniyah Tanjung Morawa (3) Pengaruh
penggunaan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar
Matematika siswa kelas V di MIS Nurul Yaqin Burhaniyah Tanjung Morawa.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kuantitatif eksperimen. Penelitian ini dilakukan di MIS Nurul Yaqin Burhaniyah
Kecamatan Tanjung Morawa. Sampel dalam penelitian terdiri dari 2 kelas, yaitu
kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berjumlah 53 siswa. Pengumpulan data
ini menggunakan hasil pre-test dan post-test soal pilihan ganda. Adapun teknik
analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t.
Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan (1) Hasil belajar
Matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional
memperoleh rata-rata 73,6. (2) Hasil belajar Matematika siswa dengan
menggunakan model pembelajaran Discovery Learning memperoleh rata-rata
80,17. (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran Role Playing terhadap hasil
belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas V di MIS Nurul Yaqin
Burhaniyah Tanjung Morawa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji-t yang diperoleh
thitung > ttabel = 2,494 > 1,675 dengan taraf signifikan = 0,05 sehingga dinyatakan
Ha diterima. Kesimpulan dalam penelitian menjelaskan bahwa hasil belajar
Matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran
Discovery Learning lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model
pembelajaran Konvensional di kelas V MIS Nurul Yaqin Burhaniyah Tanjung
Morawa.