DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Strategi Pembelajaran Discovery Learning Disertai dengan Membuat Ringkasan Berformat Mini-Magz Terhadap Hasil Belajar Biologi Di Pesantren Modern Fajrul Iman Patumbak
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Vera, Nancy Meigi
Subject
371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 
Datestamp
2020-11-04 03:00:28 
Abstract :
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di kelas XI Pesantren Modern Fajrul Iman Patumbak, sebelumnya pembelajaran yang mereka gunakan hanya menggunakan model pembelajaran konvensional. Maka dari itu, perlu adanya peningkatan dalam penggunaan strategi pembelajaran, yang mana nantinya dapat membuat siswa lebih aktif dan lebih mudah memahami materi yang diajarkan. Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya hasil belajar siswa, hal ini disebabkan kurang beragamnya strategi pembelajaran yang digunkan guru, sehingga membuat siswa menjadi bosan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran discovery learning disertai dengan membuat ringkasan berformat minimagz dalam pembelajaran biologi materi sistem ekskresi pada manusia terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen menggunakan hasil pretest dan posttest. Populasi penelitian ini adalah kelas XI MIA di Pesantren Fajrul Iman, yang mana sampelnya menggunakan 2 kelas dengan pengambilan sampel jenuh. Kelas XI MIA A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan strategi pembelajaran discovery learning disertai dengan membuat ringkasan berformat mini magz, sedangkan kelas XI MIA B sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan datanya yaitu menggunakan tes, yang terdiri dari pretest dan posttest. Setelah data tes terkumpul, maka selanjutnya data dianalisis menggunakan analisis statistik seperti uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pada kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai pretest 56 dan posttest 82,1. Sedangkan pada kelas kontrol memiliki rata-rata nilai pretest 51,7 dan posttest 72,5. Untuk hasil uji t diperoleh bahwa thitung 3,64 sedangkan ttabel 1,71, itu berarti bahwa thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dari itu dapat dilihat dari hasil uji t bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran discovery learning disertai dengan membuat ringkasan berformat mini magz terhadap hasil belajar siswa 
Institution Info

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan