DETAIL DOCUMENT
Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Materi Kegiatan Ekonomi Berdasarkan Potensi Alam Di Kelas IV MIS Hidayatus Shibyaan Kecamatan Labuhan Deli Tahun Ajaran 2019/ 2020
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Lathifah, Nur
Subject
371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 
Datestamp
2020-11-05 08:36:04 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Hasil belajar siswa kelas IV sebelum diterapkannya model pembelajaranLearning Cycle pada mata pelajaran IPS; 2) Penerapan model pembelajaran Learning Cycle pada mata pelajaran IPS; 3) Hasil belajar setelah diterapkannya model pembelajaran Learning Cycle mata pelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di MIS Hidayatus Shibyaan Kecamatan Labuhan Deli. Subjek penelitian ini adalah siswa/i kelas IV dengan jumlah siswa 33 orang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: 1) Sebelum menggunakan model pembelajaran Learning Cycle nilai rata- rata siswa 58,48 dan hasil belajar siswa yang tuntas hanya 9 siswa (27,27%), sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 24 siswa (72,73%), 2) Proses penerapan model pembelajaran Learning Cycle pada mata pelajaran IPS di kelas IV MIS Hidayatus Shibyaan Kecamatan Labuhan Deli berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada siklus I, namun belum mencapai nilai ketuntasan klasikal, maka perlu dilanjutkan ke siklus II, 3) Setelah menggunakan model pembelajaran Learning Cycle hasil belajar siswa dapat meningkat, hal ini terbukti pada siklus I hasil belajar siswa memiliki nilai rata-rata 70,9 (57,57%) dan pada siklus II diperoleh nilai ratarata 80,3 (81,81%). 
Institution Info

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan