Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui program-program
andalan kepala madrasah, kendala-kendala yang dihadapi kepala madrasah dan
strategi apa yang digunakan kepala madrasah untuk meningkatkan kinerja guru di
madrasah Aliyah Swasta Al-Washliyah Tebing Tinggi.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan
pendekatan fenomenologi yang menggunakan teknik observasi, wawancara dan
studi dokumentasi untuk memperoleh data dari informan penelitian yaitu : kepala
madrasah aliyah swasta Al-Washliyah, tata usaha, dan 5 guru-guru senior dan 5
guru-guru junior di madrasah aliyah swasta Al-Washliyah Tebing Tinggi.
Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan teknis analisis interaktif
model Miles and Huberman, dengan komponen pokok analisis, yaitu reduksi data,
display data dan kesimpulan/ verifikasi, dan pemeriksaan keabsahan data dalam
penelitian ini meliputi : Uji Kreadibilitas, Uji Tranferabilitas, Uji Ketergantungan
dan Uji Kepastian.Hasil temuan dalam penelitian yang dilakukan adalah sebagai berikut :
(1) Kinerja guru yang meliputi perencanaan pembelajaran siswa, pelaksanaan
pembelajaran siswa, evaluasi pembelajaran siswa, pemantauan hasil belajar siswa,
dan pelaksanaan pembelajaran siswa ternilai sudah cukup baik, hal ini disebabkan
karena sudah efektifnya guru-guru dalam melaksanakan komponen-komponen
kinerja guru tersebut. Walaupun tak semuanya yang melaksanakan, akan tetapi sebagian besar sudah melaksanakan hal-hal tersebut secara rutin. (2) Program-
program kepala madrasah yang senantiasa memicu para guru untuk lebih
meningkatkan kinerjanya sebagai seorang guru, diantaranya : peer teaching, guru
yang bersertifikasi, edukasi MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran),
perlengkapan pembelajaran, workshop, pembuatan kalender khusus madrasah,
edukasi dalam bidang IT dan pembagian tugas guru. (3) Kendala-kendala yang
dihadapi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru, diantaranya :
fasilitas sarana prasarana yang terbatas, komitmen guru yang kurang stabil, tidak
samanya persepsi antara kepala madrasah dan guru dikarenakan karekter yang
berbeda-beda. (4) Strategi- strategi kepala madrasah untuk meningkatkan kinerja
guru, diantaranya : peningkatan disiplin, melibatkan guru dalam membuat
peraturan, pendekatan-pendekatan, memberikan nasehat dan motivasi.
Hasil analisis data diperoleh kesimpulan: kepemimpinan kepala
Madrasah untuk meningkatkan kinerja guru di Madrasah Aliyah Swasta Al-
Washliyah Tebing Tinggi tergolong berhasil dikarenakan berjalannya program-
program yang dirancang oleh kepala madrasah, begitu pula sebagian kendala-
kendala yang dihadapi kepala madrasah untuk meningkatkan kinerja guru dapat
diatasi dengan baik dengan penerapan strategi-strategi yang diterapkan oleh
kepala madrasah. Walaupun begitu pasti ada beberapa kekurangan yang terdapat,
akan tetapi semua itu tidak terlalu signifikan.