DETAIL DOCUMENT
Kepemimpinan Kepala Madrasah Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Di Madrasah Aliyah Swasta Al Washliyah Tebing Tinggi.
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Iqbal, Muhammad
Subject
2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah 
Datestamp
2020-11-05 08:18:20 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui program-program andalan kepala madrasah, kendala-kendala yang dihadapi kepala madrasah dan strategi apa yang digunakan kepala madrasah untuk meningkatkan kinerja guru di madrasah Aliyah Swasta Al-Washliyah Tebing Tinggi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi yang menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi untuk memperoleh data dari informan penelitian yaitu : kepala madrasah aliyah swasta Al-Washliyah, tata usaha, dan 5 guru-guru senior dan 5 guru-guru junior di madrasah aliyah swasta Al-Washliyah Tebing Tinggi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan teknis analisis interaktif model Miles and Huberman, dengan komponen pokok analisis, yaitu reduksi data, display data dan kesimpulan/ verifikasi, dan pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini meliputi : Uji Kreadibilitas, Uji Tranferabilitas, Uji Ketergantungan dan Uji Kepastian.Hasil temuan dalam penelitian yang dilakukan adalah sebagai berikut : (1) Kinerja guru yang meliputi perencanaan pembelajaran siswa, pelaksanaan pembelajaran siswa, evaluasi pembelajaran siswa, pemantauan hasil belajar siswa, dan pelaksanaan pembelajaran siswa ternilai sudah cukup baik, hal ini disebabkan karena sudah efektifnya guru-guru dalam melaksanakan komponen-komponen kinerja guru tersebut. Walaupun tak semuanya yang melaksanakan, akan tetapi sebagian besar sudah melaksanakan hal-hal tersebut secara rutin. (2) Program- program kepala madrasah yang senantiasa memicu para guru untuk lebih meningkatkan kinerjanya sebagai seorang guru, diantaranya : peer teaching, guru yang bersertifikasi, edukasi MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran), perlengkapan pembelajaran, workshop, pembuatan kalender khusus madrasah, edukasi dalam bidang IT dan pembagian tugas guru. (3) Kendala-kendala yang dihadapi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru, diantaranya : fasilitas sarana prasarana yang terbatas, komitmen guru yang kurang stabil, tidak samanya persepsi antara kepala madrasah dan guru dikarenakan karekter yang berbeda-beda. (4) Strategi- strategi kepala madrasah untuk meningkatkan kinerja guru, diantaranya : peningkatan disiplin, melibatkan guru dalam membuat peraturan, pendekatan-pendekatan, memberikan nasehat dan motivasi. Hasil analisis data diperoleh kesimpulan: kepemimpinan kepala Madrasah untuk meningkatkan kinerja guru di Madrasah Aliyah Swasta Al- Washliyah Tebing Tinggi tergolong berhasil dikarenakan berjalannya program- program yang dirancang oleh kepala madrasah, begitu pula sebagian kendala- kendala yang dihadapi kepala madrasah untuk meningkatkan kinerja guru dapat diatasi dengan baik dengan penerapan strategi-strategi yang diterapkan oleh kepala madrasah. Walaupun begitu pasti ada beberapa kekurangan yang terdapat, akan tetapi semua itu tidak terlalu signifikan. 
Institution Info

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan