Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat serta efektivitas pembelajaran Medan. Penelitian ini termasuk jenis deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan berupa pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor penghambat pembelajaran dari rumah pada mata pelajaran biologi adalah jaringan internet, ketidakhadiran siswa saat pembelajaran daring, kondisi ekonomi siswa, dan kepemilikan gadget ataupun
laptop. Adapun faktor yang mendukung adalah teknologi, tempat belajar sesuai dengan protokol kesehatan covid-19, sumber belajar dan media belajar yang memadai, rancangan pelaksanaan pembelajaran daring yang dirancang oleh guru,
sikap antusias siswa dalam menuntut ilmu, dan sarana prasarana yang memadai.
Kesimpulannya sebanyak 82% pembelajaran biologi di MAN 1 Medan berjalan efektif sesuai dengan peraturan pemerintah melalui Surat Edaran No.15 Tahun 2020.