Institusion
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Author
Siregar, Rana Sopiah
Subject
371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Datestamp
2020-11-11 05:17:32
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah 1)untuk mengetahui Hasil belajar
siswa sebelum diterapkan model Think Talk Write dengan media Puzzle
pada mata pelajaran IPS materi lembaga ekonomi di kelas IV SDN 060872
Medan Perjuangan. 2)Untuk mengetahui Penerapan model Think Talk
Write dengan media Puzzle pada mata pelajaran IPS materi lembaga
ekonomi di kelas IV SDN 060872 Medan Perjuangan 3)Untuk mengetahui
Hasil belajar siswa setelah diterapkan model Think Talk Write dengan
media Puzzle pada mata pelajaran IPS materi lembaga ekonomi di kelas
IV SDN 060872 Medan Perjuangan.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom
ActionResearch) yang menggunakan tahapan berupa siklus yaitu siklus I
dan siklus II. Subyek penelitian ini adalah kelas 4 yang berjumlah 27 orang.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model
Think Talk Write dengan media Puzzle mampu dalam meningkatkan hasil
belajar siswa dalam Mata Pelajaran IPS materi lembaga ekonomi salah
satunya koperasi.Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil belajar peserta
didik yang meningkat setelah melakukan pembelajaran dengan
menggunkan model Think Talk Write dengan media Puzzle. Pada tahap
PreeTest terdapat rata-rata 52,96% dengan ketuntasan klasikal 25,59%
dengan jumlah 7 orang siswa yang tuntas. Pada Siklus I rata-rata hasil
belajar 68,15 dengan ketuntasan klasikal mencapai 51,85% dengan jumlah
siswa yang tuntas sebanyak 14 orang, pada Siklus II rata-rata hasil belajar
84,44%. dengan ketuntasan klasikal mencapai 88,89% dengan sebanyak 24
siswa yang tuntas.