Abstract :
Komunikasi merupakan bagian penting didalam kehidupan manusia sebagai
makhluk sosial. Kemampuan manusia dalam menjalin hubungan dengan orang
lain menjadi faktor keberhasilan dalam membangun suasana atau mencapai apa
yang ia inginkan dalam hidup. Komunikasi interpersonal didalam perpustakaan
terjadi antara pustakawan dan pemustaka. Dalam memberikan pelayanan prima
kepada pemustaka pustakawan diharapkan memiliki kemampuan komunikasi
interpersonal yang baik. Penelitian ini dilakukan di Perpustakaan Universitas
Muslim Nusantara. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah
komunikasi interpersonal yang dilakukan pustakawan berpengaruh terhadap
kepuasan pemustaka. Metode penelitian ini dilakukan dengan cara kuantitatif
dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus
slovin, dengan jumlah 99 sampel dengan tarif kesalahan 10% dari 7601 populasi
mahasiswa UMN Alwashliyah Medan tahun 2019-2020. Selain itu pengambilan
sampel menggunakan teknik Sampling Insidental. Adapun teknik pengumpulan
data dengan menggunakan kuisioner, dan analisis data dilakukan secara statistik
menggunakan alat bantu Microsoft Excel 2007 dan SPSS versi 2.0. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji korelasi dan analisis regeresi
terdapat pengaruh positif signifikan antara komunikasi Interpersonal pustakwan
terhadap kepuasan pemustaka, dimana semakin tinggi kemampuan komunikasi
intepersonal pustakawan maka semakin tinggi tingkat kepuasan pemustaka. Selain
itu ditemukan juga bahwa komunikasi interpersonal pustakawan termasuk dalam
kategori baik. Hal ini dibuktikan dengan cukup tingginya kepuasan pemustaka
terhadap komunikasi interpersonal yang dilakukan pustakawan.